Kain Khas Dari India

Disini, kita akan membahas mengenai kain khas dari India.

1. Kain Punjabi.



Pakaian Punjabi adalah salah satu jenis pakaian tradisional India yang banyak dikenakan oleh para wanita di India bagian utara khususnya. Punjabi ini sedikit berbeda dengan sari. Punjabi terdiri atas blouse panjang yang disertai dengan kain panjang yang dipakai di tangan. Perbedaan antara jenis punjabi dengan sari adalah apabila punjabi terdiri dari baju blouse yang panjang dan dalam pemakaiannya seringkali disertakan pula kain panjang yang dikenakan ditangannya. Bisa dibilang punjabi lebih praktis dibanding sari.

2. Kain Sari.



Sari atau saree atau shari adalah jenis kain yang dipakai wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Sari adalah pakaian yang terdiri dari helaian kain yang tidak dijahit, variasinya beragam dengan panjang 4-9 meter yang dipakaikan di badan dengan bermacam-macam gaya. Jenis yang paling umum adalah sari yang dililitkan di pinggang, dengan ujungnya yang disangkutkan dari bahu ke punggung belakang. Sari biasanya dipakai menutupi petticoat atau baju bagian dalam (pavada/pavadai di India Selatan, dan shaya India Timur), dengan blus choli atau ravika.

3. Kain Kurta.


Kurta, pakaian yang dikenakan oleh kaum pria yang merupakan kemeja panjang hingga lutut yang terbuat dari kain sutera. India adalah negara yang selalu memiliki pesona tersendiri. Selain dari pemandangannya yang Indah serta ciri khas dalam film yang booming di beberapa negara, kain khas India juga merupakan keunikan yang hingga kini menjadi perbincangan dibeberapa wilayah. Hal ini tentu saja dikarenakan karena kain asal India memiliki keindahan yang luar biasa yang mampu membuat siapa saja yang melihatnya terpesona. Selain kualitas kain yang sangat indah, ciri khas lainnya adalah penggunaan mute-mute yang terdapat pada kain-kain tersebut yang dibuat dan didesain dengan sangat indah.

4. Kain Curritar.


Curritar ini semacam legging dengan kerutan dibawahnya. Jadi leggingnya memang dibuat panjang sekali, sehingga menghasilkan kerutan dibawahnnya. Karena legging dan press body, biasanya suitnya lebih panjang, melebihi lutut kaki. Tapi tdak sampai mata kaki, karena harus menampakkan kerutan curritar.

5. Kain Shalwar Kameez dan Dupatta.



Jenis pakaian ini juga tak kalah asingnya, mungkin sebagian orang sudah pada tahu bahwa ini pakaian India yang begitu unik. Di perfilman Bollywood, wanitanya berpenampilan dengan menggunakan busana ini. Salwar ini sejenis celana kombor, sedangkan Kamiz baju menjulur hingga kelutut dengan panjang ¾ lengan atau lengan pendek. Digunakan oleh siapapun, mulai anak muda, sudah menikah sampai nenek-nenek. Dupatta ini sejenis pashmina yang biasanya diselempangankan (menutup) dada.

Nah, inilah beberapa kain khas dari India!!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Designer-Designer Terkenal Di Indonesia

Designer Terkenal Di Jepang

Bahan Baju Khas Indonesia